PENGEN JADI AVSEC TAPI MASIH BINGUNG AVSEC TUH SEBENRNYA APA SIH???

Hai kak, kali ini mimin akan berbagi informasi dengan kalian yang masih mencari pengertian & tugas-tugas seorang avsec (aviation security). mungkin disaat ini masih banyak yang belum tahu tentang petugas keamanan yang ada di bandara, yaitu hanya berfikir kalau petugas keamanan di bandara sama saja dengan security / satpam pada umumnya, ternyata beda lohh..

 

AVSEC (Aviation Security) adalah personil yang telah (wajib) memiliki lisensi / surat tanda kecakapan petugas (STKP) yang diberi tugas & tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan. (peraturan direktur jenderal perhubungan udara nomor: SKEP/2765/xii/2010 BAB I butir 9)

dalam lisensi tersebut dijelaskan kewenangan petugas keamanan penerbangan (AVSEC) dan jika sudah memiliki lisensi maka sudah dinyatakan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh direktur jendral perhubungan udara.

tapi nggak gampang loh, buat dapetin lisensi avsec tersebut.. melainkan harus mengikuti pelatihan & pendidikan khusus AVSEC (Aviation Security). dan yang menyelenggarakan diklat AVSEC (Aviation Security) harus mendapat persetujuan dari direktorat jendral perhubungan udara seperti pspp penerbangan.

 

Pendidikan & pelatihan dasar bagi personel keamanan, meliputi :

  • Basic Aviation Security (BASIC AVSEC)
  • Junior Aviation Security (JUNIOR AVSEC)
  • Senior Aviation Security (SENIOR AVSEC)

 

Pendidikan & Pelatihan Lanjutan Bagi Personel Keamanan, Antara Lain :

  • Avsec Management
  • Crisis Management
  • Quality Control
  • Instructor
  • Risk Management
  • Inspector/ Auditor
  • Negotiation
  • Human Factor
  • Investigator
  • Profilling

 

dalam menjalankan tugasnya petugas AVSEC (Aviation Security) juga memiliki pedoman yang terdapat pada regulasi penerbangan, baik nasional maupun international. keren bangetkan AVSEC ada regulasi internationalnya segala. sok kebarat-baratan banget.

memang begitu, pernah dengar ngak ICAO.?? ICAO itu singkatan dari International Civil Aviation Organitation, merupakan sebuah organisasi penerbangan sipil internasional dibawan PBB. ICAO mempunyai aturan-aturan penerbangan yang disebut ANNEX.

Aturan Keamanan Penerbangan Terdapat di ANNEX 17 Security – Safeguarding International Civil Aviation Against Acts Of Unlawful Interference. Jadi Setiap Negara Yang Menjadi Anggota ICAO harus mematuhi aturan yang dibuat oleh ICAO tersebut. heemm..  makin keran kan.??

 

Nah gitu tuh kak kisaran gambaran jadi seorang AVSEC (Aviation Security). Kalau mimin Tanya makin berminat ga nih kak jadi AVSEC? Tentunya iya kann…. Hehehe. Menjadi AVSEC tidak serta merta langsung daftar dan bisa tes kak, tentu bandara atau perusahaan yang bersangkutan akan menyaring hanya orang orang yang berkompeten dibidangnya kakak. Nah untuk menjadi orang yang berkompeten dibidang AVSEC tentu saja kakak harus belajar dan punya lisensi AVSEC itu sendiri..

 

Gimana nih kak dapetinnya… Mudah kok kakak. Kakak tinggal daftarkan diri disekolah atau pelatihan yang berhubungan dengan AVSEC itu sendiri. Kalau mimin rekomendasiin sekolah PSPP Penerbangan kak. PSPP Penerbangan sudah teruji meluluskan anyak siswa siswinya di bidang AVSEC dan sudah banyak yang bekerja lho kak. PSPP Penerbangan juga sudah menjadi sekolah penerbangan dan AVSEC terakreditasi A. Mantab kan kakak.

 

Nah biar gampang mimin kasih jalan nih untuk masuk kesekolah PSPP Penerbangan kak. Caranya kakak tinggal daftar dan ikuti alurnya aja kak seperti yang ada dihalaman utama website ini kak. Kalau kakak masih bingung kontak aja panitia pendaftaran PSPP Penerbangan atas nama Kak DDicky melalui WA/call di 0813 5819 2001 untuk menanyaan seputar AVSEC dan cara mendaftar sekolah AVSEC kak. Terima kasih sudah membaca artikel kami…

KAMPUS PRAMUGARI TERBAIK PSPP

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat